Sistem Ekonomi Indonesia yang Diterapkan Saat Ini

Diposting pada

Sistem ekonomi indonesia yang diterapkan saat ini adalah ekonomi pancasila. Seperti apakah sistem ekonomi pancasila ini? Ketika anda memasuki pasar, mall dan swalayan, anda pasti melihat orang ramai melakukan transaksi baik penjual maupun pembeli. Pernahkah anda berfikir bahwa apakah semua transaksi maupun kegiatan di pasar, mall dan swalayan itu ada yang mengatur? Tentu saja, semua kegiatan dan segala bentuk transaksi di tempat tersebut diatur oleh pemerintah melalui sistem ekonomi yang diterapkan di Indonesia saat ini.

Sistem Ekonomi Indonesia
Sistem Ekonomi Indonesia

Sistem ekonomi merupakan cara suatu negara mengatur kehidupan ekonomi rakyatnya untuk mencapai kemakmuran. Sistem ekonomi ini ada bermacam-macam seperti sistem ekonomi liberal,  kapitalis, pasar dan sosialis, komando, terpusat. Setiap sistem ekonomi yang dijalankan di sebuah negara pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, untuk menjalankan suatu sistem tertentu di suatu negara perlu mengkaji terlebih dahulu mengenai sistem ekonomi apa yang cocok bagi negara tersebut.

Recen Post

Tujuan Sistem Ekonomi

Tujuan diterapkannya sistem ekonomi oleh suatu negara adalah:

  • Agar negara tersebut memiliki kemakmuran serta kesejahteraan rakyat terjamin,
  • Terjadi pertumbuhan ekonomi secara global di suatu negara.
  • Terciptanya lapangan pekerjaan serta tidak ada kesenjangan dalam pemerataan pendapatan.

Untuk itu negara Indonesia sistem ekonomi yang digunakan saat ini adalah sistem ekonomi Pancasila. Sistem ekonomi pancasila adalah sistem ekonomi yang berdasarkan pada demokrasi pancasila yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 23,27,33 dan 34. demokrasi ekonomi merupakan suatu kegiatan ekonomi yang dimulai dari rakyat dikelola oleh rakyat dan dimanfaatkan oleh rakyat.

Ciri-ciri Sistem Ekonomi Indonesia

  • Berlandasan UUD 1945.
  • Demokrasi ekonomi menjadi dasar kehidupan sistem ekonomi Indonesia
  • Peranan yang dominan koperasi, kemudian diikuti dengan perusahaan negara dan perusahaan swasta
  • Adanya pemerataan pendapatan secara sosial
  • menggunakan sistem desentralisasi sebagai pemberi arah dalam menjalankan perekonomian di indonesia.

Dalam demokrasi Pancasila sangat menentang adanya sistem Free fight liberalism, Etatisme, dan Monopoli. Free fight liberalism merupakan terjadinya kebebasan usaha di suatu negara yang tidak terkontrol. Etatisme yaitu pemerintah terlalu banyak ikut campur dalam sistem sehingga mengurangi semangat masyarakat untuk berkembang dan bersaing dalam menjalankan suatu sistem. Monopoli merupakan memberikan kekuasaan pasar pada satu kelompok tertentu, sehingga tidak dapat memberikan pilihan pada pihak lain sehingga konsumen hanya dapat melakukan suatu kegiatan ekonomi hanya pada kelompok tersebut.

Dalam demokrasi pancasila pemerintah memiliki peranan penting sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi.

Pemerintah berperan dan ikut serta dalam mengelola kegiatan ekonomi sehingga menghasilkan nilai ekonomi sesuai dengan sasaran. kemudian Pemerintah dapat mendistribusikan pendapatan masyarakat sehingga tidak terjadi kesenjangan antara kaya dan miskin. selanjutnya Pemerintah berperan dalam menstabilkan perekonomian agar kegiatan ekonomi berjalan dengan baik. Demikianlah penjelasan mengenai sistem ekonomi yang ada di Indonesia saat ini. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.