Mesin Ball Mill dengan Spesifikasi dan Harga

Diposting pada

Mesin Ball Mill merupakan salah satu mesin penggiling material menjadi serbuk halus. Mesin ini sangat dibutuhkan dalam industri. Banyak pabrik di Indonesia ini menggunakan mesin ini. Kita dapat menjumpai mesin ini pada pabrik pembuat semen, pembuat cat, pabrik logam serta pabrik pembuat kembang api. Umumnya bentuk dari mesin ini berupa tabung dengan poros horizontal. Di dalam tabung terdapat bola keras yang terbuat dari baja atau batu api. Adanya benda ini yang mencirikan dari mesin ball mill ini.

mesin ball mill

Prinsip kerja dari mesin ini yaitu dengan memutarkan tabung yang sudah berisi bola-bola yang terbuat dari baja. Penghalusan material terjadi karena mesin berputar sehingga bola di dalamnya ikut menggelinding dan menggerus serta menggiling semua material dalam tabung sampai halus. Jika mengoperasikan mesin ini dengan kecepatan putaran yang cepat maka bola yang ada dalam tabung akan menempel pada tabung sehingga material yang dihasilkan tidak bagus. Jadi dalam mengoperasikan mesin ini harus kita setel pengaturannya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Mesin ini memberikan manfaat tidak hanya bagi pelaku bidang industri material saja, tetapi juga mempermudah kita dalam bekerja ketika membangun rumah dengan material semen atau batuan yang lebih lama jika dipecahkan secara manual oleh manusia. Mesin ini dapat mempercepat kerja kita dalam membangun bangunan rumah, gedung dan lain-lain.

Recent Post

Spesifikasi

Bola-bola penggiling terbuat dari baja, baik itu baja tempaan, baja biji dan baja karbon. Berat bola sekitar 0,1 sampai 1 kg per ton tergantung kekerasan bijih yang akan di giling. Pengisian bola besi in dilakukan sebesar 40 sampai 50 persen dari volume silinder tempat penampungan material. Kemudian tabung penampung terbuat dari bahan besi yang berkualitas baik, volume tabung pun berbeda-beda tergantung kebutuhan konsumen. Mesin ball mil ini memiliki standar kerja dengan rata-rata kecepatan default yaitu 70 sampai 80 persen dari kecepatan rata-rata krisis.

Jenis mesin ball mil terbagi menjadi dua. Mesin ball mill besar dan mesin ball mill mini. Mesin ball mill besar biasanya digunakan pada pabrik. Kemudian mesin ball mill mini digunakan di laboratorium untuk melakukan pengujian untuk memperoleh data dari material yang digiling.

Keunggulan Menggunakan Mesin Ball Mill

Bagi anda yang mempunyai industri penggilingan material menggunakan mesin ini sangat menguntungkan karena mesin ini menggunakan daya listrik yang tidak terlalu besar. Kemudian biaya bayaran listrik juga cukup rendah. Kemudian cocok untuk anda yang mau memproduksi material jangka panjang. Selanjutnya kita dapat juga melakukan penggilingan di tempat terbuka.

Harga

Harga mesin ini bervariasi, tergantung ukuran, kualitas kekuatan dan merek atau model . mesin dengan kapasitas penyimpanan 100 kg harganya mulai dari Rp. 20 juta. Kemudian untuk mesin yang berukuran lebih besar harganya berkisar Rp. 129 juta. Semakin tinggi kemampuan mesin dan semakin baik kinerja mesin maka harganya pun akan semakin mahal. Contohnya mesin yang mampu menghasilkan 1000 kg per jam di bandrol dengan harga 175 juta.